Selasa, 03 Januari 2017

SIKAP MENGAKUI KESALAHAN PADA DIRI SENDIRI


Setiap tindakan atau perilaku yang dilakukan oleh seseorang mempunyai resiko masing – masing. Tindakan yang dilakukan baik dari tindakan postifi maupun tindakan negatif mempunyai dampak yang dapat mempengaruhi orang yang telah melukannya. Dalam melaukan tindakan seseorang pasti pernah mempunyai kesalahan dari perilaku atau tindakan yang telah dilakukannya, namun masih banyak orang yang tidak mau mengakui atas kesalahan tindakan yang mereka buat sehingga sering kali orang yang melakukannya akan dijauhi oleh teman atau orang – orang disekitarnya. Dengan adanya sifat egois seseorang yang telah melakukan tindakan kesalahan tidak akan mau mengakui kesalahannya sendiri karena menurut mereka tindakan yang dilakukanya itu benar. Maka dari itu dengan adanya sikap mengakui kesalahan diri sendiri itu merupakan hal penting.

        Sikap mengakui kesalahan diri sendiri, merupakan sebuah sikap terpuji yang harus dimiliki orang seseorang baik itu laki – laki atau perempuan dan baik juga tua ataupun muda harus memiliki sikap mengakui kesalahan diri sendiri. Sikap mengakui kesalahan diri sendiri harus ditanam dan diajarkan oleh para orang tua ataupun guru dari sejak kecil sehingga sikap mengakui kesalahan diri sendiri dapat tertanam dalam diri seseorang.

        Dalam era yang sudah modern banyak orang yang tidak mau mengakui kesalahanya karena alas an gensi atau malu sehingga orang tersebut tidak mau mengakui kesalahannya, jika seseorang tidak mau mengakui kesalahan maka setiap terjadi masalah , maka masalah tersebut tidak akan selesai dengan cepat malahan akan berlarut – larut masalah yang dihadapinya. Selain itu dengan masalah yang tidak akan selesai yang lebih buruknya dapat menimbulkan perpecahan antara kelompok maupun suatu organisasi.

Untuk mengakui kesalahan diri sendiri memang susah untuk dipraktekan langsung walaupun secara teori gambar namun dalam kehidupan sehari – hari banyak faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang tidak mau mengakui kesalahannya itu sendiri. Factor tersebut bias muncul dari teman-teman atau lingkungan kerja mereka seperti jika pada saat seseorang melakukan kesalahan di dunia kerja maka untuk menutupinya orang tersebut tidak akan mengakuinya Karena bisa saja seseorang tersebut dipecat atau dimarahi oleh atasan karena kesalahan yang dibuatnya, maka dari itu selain tidak mengakui kesalahannya kadang kala orang yang melakukan kesalahan agar tidak di tuduh , menuduh orang lain atas kesalahan yang telah diperbuatnya sehingga dia tidak dipermalukan oleh orang – orang disekitar. Hal – hal tersebut sangatlah buruk dan tidak sepantasnya dilakukan oleh orang  - orang yang baik.

Contoh dalam sikap mengakui kesalahan pada diri sendiri untuk diri saya ketika saya bekerja sebagai asisten laboratorium teknik informatika universitas gunadarma, saya sebagai asisten dituntut untuk mengajarkan atau menutorkan beberapa materi yang sudah disediakan, ketika saya mengajar kadang kala materi yang saya sampaikan kurang atau salah akibat terlalu terburu – buru atau belum adanya persiapan yang matang. Jika saya melakukan hal tersebut maka saya akan mengakui kesalahan yang telah saya buat kepada praktikum yang saya ajarkan dengan meminta maaf dan membenarkan materi yang telah salah saya sampaikan sehingga materi yang disampaikan menjadi benar. Dengan sikap mengakui kesalahan saya menjadi lebih tenang dan tidak ada ganguan atau kegelisan karena masalah yang ada akan selesai dengan kita mengakui kesalahan yang kita telah perbuat.

DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar