Kamis, 06 Oktober 2016

PEMBUATAN PENULISAN IMLIAH


PEMBUATAN APLIKASI PERSEDIAAN OBAT PADA PUSKESMAS LALADON KABUPATEN BOGOR DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC .NET merupakan judul penulisan ilmiah yang saya buat, dalam penulisan ilmiah ini saying membuat sebuah program aplikasi berbasis desktop dengan kata lain aplikasi ini hanya berjalan di desktop dengan system operasi windows.

LATAR BELAKANG PEMBUATAN

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang ada, banyak pekerjaan yang tidak lepas dari sebuah teknologi. Contoh sebuah rumah sakit yang menggunakan teknologi canggih untuk mendeteksi sebuah pasien, atau sebuah puskesmas yang menggunakan aplikasi pendataan untuk mempermudah proses pendaftaran atau pencatatan obat.

Dengan adanya matakuliah penulisan ilmiah atau PI , saya memilih sebuah puskesmas di daerah kabupaten bogor, puskesmas ini bernama puskesmas laladon , merupakan sebuah puskesmas yang bergerak dibidang kesehatan masyarakat khususnya melayani warga laladon ciomas, sering saya mendatangi puskesmas tersebut untuk mengantarkan ibu saya bekerja. Saya masih melihat pada staff dan karyawannya masih menggunakan cara manual untuk mencatat transaksi pengambilan dan pendataan obat.

Maka dari itu saya memiliki sebuah tema pembuatan aplikasi di puskesmas tersebut dengan berbekal pengetahuan tentang visual basic , saya menggunakan Micrososft Visual Studio 2008 untuk membuat sebuah aplikasi pencatatan dan transaksi obat yang ada di puskesmas laladon.

Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan, merupakan metode gabungan, yaitu metode lapangan , saya menggunakan wawancara (interview) kepada pekerja di puskesmas mengenai hal persediaan obat dan meminta sebuah data obat serta pasien yang digunakan dalam perancangan database.

Metode selanjutnya merupakan metode kajian pustaka yang digunaka, sebagai bahan dasar landasan terori yang menjadi acuanya yaitu buku – buku dan sumber referensi yang berhubungan dengan masalah yang sedang dibahas.

Yang terakhir saya membuat sebuah basis data, rancangan program , membuat sebuah alur program , membangun sebuah program aplikasi menggunakan Micrososft Visual Basic.NET dan databasenya menggunakan MYSQL.


Kelebihan Aplikasi

Menggunakan proses login untuk mengakses aplikasi, terdapat 2 user yaitu admin dan user biasa, di dalam proses login saying memberikan password ke dalam database dan menambahkan enkripsi RSHA – 512 sehingga aplikasi ini sangat aman digunakan. 

Aplikasi online, sehingga dimana pun berada aplikasi ini bisa diakses dengan syarat memilikiaplikasi yang terlah diinstal. 

Aplikasi ringan dalam penggunaan karena aplikasi hanya dituju khusus oleh pengguna windows.

UserInterface sangat baik sehingga para pengguna mampu dengan mudah menjalankan aplikasi.

Data yang dimasukan bisa lebih dari 1000 data dengan hosting yang saya berikan mencakub 1gb.

     Proses Pemasaran

Dalam proses pemasaran saya menginklankan aplikasi ini di website yang saya kira banyak pengungjungnya seperti kaskus.com/facebook.com dll. Dengan cara mengiklankan aplikasi ini maka banyak peminat dalam pembelian aplikasi terutama untuk pendataan suatu barang.

Dalam produk saya telah sediakan sebuah aplikasi lengkap dengan manual book dan database yang akan digunakan. Tidak lupa saya memberikan hosting database agar aplikasi yang saya jual bisa dionline-kan.

DAFTAR PUSTAKA

Prof. Dr. H. Hamzah B. Uno. M.Pd dan Hj. Nina Lamatengngo, S.e, M.Pd, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, PT. Bumi Aksara, 2011.

0 komentar:

Posting Komentar