Rabu, 20 April 2016

PEMBUATAN & PERANCANGAN GAME





Dalam kesempatan kali ini saya menjelaskan sebuah game yang saya buat untuk melengkapi tugas softskill. untuk pertama kali saya akan menjelaskan tentang rancangan game yang saya buat .

RANCANGAN GAME
Pada dasarnya game yang saya buat memiliki suatu inti yaitu suatu object yang akan ditempatkan     dalam sebuah labirin atau tempat permainan dalam labirin tersebut terdapat beberapa sebuah rintangan seperti jalan buntu, jalan berlubang , dan lain - lain. selanin itu jgua saya menambahkan suatu object yang baru dan nantinya object ini jika terkena object yang satunya nanti akan mendapatkan sebuah point untuk mengukur kemenangan sehingga game ini selesai.

SCENARIO GAME
Dalam scenario gamenya object 1 yaitu sebuah pesawat ufo yang ditempatkan di dalam labirin yang nantinya di ibaratkan seperti ruang angkasa yang terdapat beberapa planet - planet yang nantinya akan di makan atau hilangkan oleh pesawat ufo yang telah saya buat sehingga mendapatkan score atau point, semakin banyak point yang dikumpulkan dalam pengambilan sebuah planet maka akan semakin besar kesempatan menang yang akan diraih, untuk mempersulit suatu game agar tidak monoton saya juga menambahkan sebuah waktu yang nantinya jika suatu ufo tidak mendapatkan planet yang diinginkan atau kurang dengan jumlah yang sudah ditentukan maka game akan berakhir , dan pemain tersebutpun kalah, namun jika pemain mendapatkan point sesuai dengan jumlah yang diinginkan dan waktunya tidak habis maka pemain akan dianggap menang.

PEMBUATAN OBJECT GAME
1. Buka applikasi blender , pada tampilan awal applikasi terdapat sebuah object kubus atau kotak. pertama kita hapus terlebih dahulu kotek tersebut dengan menekan " X " lalu pilih delete setelah itu kita tambahkan object UV Sphere dengan cara " Shift + A " lalu pilih mesh pilih UV Sphere.











2. Salnjutnya kita akan membesarkan object UV Sphere tersebut dengan cara menekan tombol " S " lalu geserkan mouser sehinggan object UV Sphere menjadi besar.










3. Sekarang kita akan memipihkan object UV Sphere tersebut dengan cara menekan tombol  " S " lalu tekan tombol " Z " setelah itu atur mouse sehingga object UV Sphere tersebut menajdi pipih










4. selanjutnya kita pindah mode ke edit mode karena pada tahap ini kita akan membuat sebuah lekukan sehingga nantinya object ini mirip dengan pesawat ufo, dalam object mode kita seleksi bagian atas tapi sebelumnya kita masuk dalam select face dan kita tekan " G " lalu tekan " Z " dan sesuaikan dengan mouse











5. lanjutkan dengan menseleksi bagian samping pesawat setelah semua terseleksi kita tekan " S " lalu arahkan mouse kedalam sehingga berbentuk cekungan pesawat.









6. setelah kita membuat kepala bagian atas dan samping selanjutnya kita akan membuat cekungan lobang pada pesawat dengan mensleksi bagian samping seperti sebelumnya selanjutnya kita tekan " E " lalu kita geserkan mouse ke dalam.












7. sama dengan cara sebelumnya kita select dulu bagian atas samping selanjutnya kita tekan " E " dan geser mouse ke dalam sehingga membentuk gambar di bawah ini.










8. setelah kita selesai modeling atau membuat object untuk tahap terakhir kita beri warna untuk object tersebut dengan menambahkan material yang ada disamping sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini

0 komentar:

Posting Komentar